Thursday, February 25, 2010

Cerita tentang kehamilan di Norway (bagian 1)

Setelah saya pikir2, ada enaknya kali ya kalo saya berbagi cerita mengenai hamil di Norway terutama sih tentang sistem kesehatan disini khususnya untuk bumil. Maka saya kepikiran untuk sharing cerita tentang gimana sih hamil di Norway itu dari pengalaman saya tentu saja.

Secara general sih, memang resiko hidup di negara yang tidak berbahasa internasional maka serba-serbi urusan kehidupan jadi rada ”ribet” dengan bahasa norsk. Apalagi urusan peraturan, beuh musti dibaca berulang-ulang, buka kamus, tanya suami atau teman, dll. Memang sih website pemerintah di Norway rata2 punya informasi dalam bahasa inggris cuman tentu dalam porsi terbatas. Wajar.

Mengenai kehamilan itu sendiri, ok ceritanya begini. Ketika saya sudah ”telat” 2 minggu, hmmm rasanya kok mulai curiga karena biasanya jarang sekali telat, paling ya plus minus 3 hari begitu. Saya dan suami udah mikir2 apa jangan2 h****l yah? Hari Minggu, tiba2 saya sakit perut mules bangeet…dan saya bilang saya suami kayanya saya pengen deh tes. Naah, berhubung hari itu hari Minggu, dimana officially semua toko pada tutup, maka buru2 suami cek apotek jaga pas hari Minggu itu. Oke akhirnya kami meluncur ke apotek tersebut sudah sore hari. Beli alat tes cek kehamilan 1 biji. Setelah dibaca petunjuk, sebaiknya memakai tes di pagi hari dengan urine pertama pagi hari biar hasilnya afdol. Jadilah baru kami tes hari Senin pagi sekitar jam 4.30saya bangunkan suami : saya mau pipis nih, bangun dong sekalian tes. Jadi berdua bangun dengan kucel dan masih ngantuk, dan saya teslah. Puji Tuhan, wah 2 garis terlihat jelas. Wah positif nih.

Kemudian hari itu, kami ngantor seperti biasa cuman saya rada2 gimana gitu hehehe…seneng, grogi, pengen tes lagi, pengen ke dokter, pengen kasih tau orang tua, macem2 deh. Hari itu saya telpon ke klinik tempat dimana saya terdaftar sebagai salah satu pasien dari seorang dokter. Informasi singkat, di Norway sini, setiap orang Norway & orang asing yang resmi punya ijin tinggal terdaftar ke salah satu dokter umum. Jadi setiap ada keluhan, sakit, periksa, dll ya musti ke dokter ybs. Bikin janji untuk periksa ke dokter hari berikutnya yaitu Selasa.

Ok, hari Selasa…saya dan suami udah ke klinik tempat dokter kami. Udah deg-deg’an dan terlebih saya punya ”expectation” yang cukup besar bahwa nanti dokter akan begini dan begitu, tes ini dan tes itu. Tapi setelah kasih tau ke dokter kalo tes kehamilan di rumah positif, trus dokternya ya cuman bilang: kapan terakhir kalo m**s, trus dilihat tanggal berapa pas hari itu kemudian dikasih tau umur kira2 kehamilan sekian minggu, daaaan disuruh balik lagi setelah umur kehamilan 12 minggu alias 3 bulan. Lah sayanya bingung, errr sekarang dicek ga dok (ngarep diperiksa perutnya kek atau gimana)? Sekarang ada tes apa dok? Dan dokternya cuman bilang: no tes and no check up, nothing. Lah?? Dokter cuman bilang, sekarang mulai minum vitamin folat dan kembali lagi kesini pas umur udah 12 minggu. Maka hari itu cuman dapat info: beli vitamin folat, live as usual, jaga kesehatan, dikasih buku tentang kehamilan (lagi-lagi berbahasa norsk) dan dapat jadwal untuk pemeriksaan resmi yang pertama kali, good luck and see you. Udah.

So begitulah, cukup berbeda bukan dengan sistem di Indonesia??

Dari berbagai cerita yang saya denger baik dari temen ataupun internet yang meski baru tau positif dan cek ke dokter, pasti beragam pemeriksaan, cek ini dan itu, tes ini dan itu. Jadi, satu2nya jalan yang saya ambil ya: setelah pulang dari dokter (tentu rada kuciwa dengan appointment hari itu) segera saya browsing beberapa website tentang kehamilan wes baik bahasa viking, bahasa inggris, maupun bahasa indonesia. Saya mulai baca buku kehamilan yang dari dokter. Berburu beberapa buku kehamilan dari departemen kesehatan di Norway yang bisa dipesan gratis dan tentu saja saya minta orang tua saya belikan 3 buku dari Indonesia yang tentu lebih gampang saya cerna.

Daaaan, kesepakatan dengan suami, kami hanya beritahukan kondisi positif ini hanya kepada orang tua kami masing2 dan keluarga kakak saya di Jakarta sekaligus adik suami saya yg tinggal satu kota dengan kami.

So, intinya di Norway sini, setelah kita tahu dari tes kehamilan di rumah positif, maka tidak ada pemeriksaan resmi (tes darah, tes urine, tes kondisi janin, dll) kehamilan dari dokter atau bidan sebelum umur kehamilan 12 minggu (3 bulan). Jadi selama menunggu umur kehamilan 12 minggu, maka perlu menjaga kesehatan dan tentu perbanyak informasi baik dari ortu/keluarga/temen maupun informasi internet.

Sedikit cerita kecil, salah satu temen saya orang Indonesia yang tinggal di Trondheim sini juga mengalami hal yang sama dg saya alias setelah tahu positif ya sudah dari dokternya tidak ada pemeriksaan lanjutan, menunggu sampai 3 bulan usia kandungan. Nah, temen saya punya sedikit problem sebelum mencapai 3 bulan yaitu beberapa kali flex darah. Tentuuu paniik doong, trus ke dokter, dari dokter ya ga dikasih apa2 tuh baik resep kek atau tes kek...dibilang suruh istirahat dulu. Dan akhirnya temen saya, minta ortunya yg di Indonesia mengirimkan obat penguat janin dari Indonesia...tentu wajar doong, kita musti berusaha menjaga janin semaksimal mungkin, ya kan? Tapi ya begitulah kondisi disini...nampaknya proses alami dan percaya kekuatan tubuh tanpa bantuan obat & medis besar sekali fungsinya di Norway sini.
Oke nantikan bagian selanjutnya yaa....(bersambung)

Labels: , ,

--------------------oOo--------------------

0 Comments:

Post a Comment

<< Home