Wednesday, February 17, 2010

MITONI (di Semarang)

Puji Tuhan, acara mitoni di Semarang hari Selasa, 16 Februari 2010 kemaren berjalan dengan lancar. Ceritanya memang kemaren di rumah orang tua saya di Semarang, diadakan acara doa bersama (sembayangan) lingkungan/wilayah begitu dalam rangka untuk doa mitoni baby kami.

Begitulah, berhubung saya ada di Norway ya jadinya memang ga bisa berada di lokasi sembayangan secara fisik tapi ikatan batin tetap terhubung. Awalnya memang saya pengen mengadakan acara mitoni di Trondheim sini, cuman masalahnya ya pas genap 7 bulan si suami saya pas lagi tugas di luar Norway. Ga enak rasanya ngadain acara mitoni kok suami saya ga ada bersama saya…trus ya udah, akhirnya saya minta orang tua saya yang mengadakan acara doa sembayangan di Semarang.

Acaranya sederhana saja, orang tua saya mengundang teman2 lingkungan/wilayah dan beberapa saudara untuk berdoa bersama di rumah. Acaranya mulai jam 19.00. Puji Tuhan juga, ga hujan pas acara berlangsung…padahal deketan sama hari Imlek biasanya ujan yah. Acara doa dihadiri sekitar 60 orang, waaah terima kasiih sekali banyak yang datang dan ikut mendoakan. Tadinya sih mau pake katering untuk urusan makan malam setelah doa, tapi ibu saya bilang: 'ga usahlah, dikerjakan sendiri saja. Dan tanya saya pengen apa untuk menu makan malamnya. Naah, pas waktu itu sih saya lagi kepengen bangeet makan nasi kuning dengan temen2nya kaya ayam goreng, kacang, telur, sambel goreng ati, emping, abon…(halah..malah jadi lapar). Jadi begitulah, ibu dan 2 orang pembantu mulai memasak beberapa menu hari sebelumnya.

Ceritanya sih prasmanan alias tamu ambil sendiri makanannya sesuai dengan ukuran dan selera makan biar puas. Trus ada juga snack untuk dibawa pulang (sosis solo, sus vla, getuk Trio berhubung ayah saya barusan tugas dari Magelang, sus kering) hehehe lumayan kan jadi komplet. Udah gitu aja acaranya: doa dan makan malam. Tidak ada acara adatnya (sungkeman, siraman, brojolan telor, ganti nyamping, pemutusan Lawe, pecah kelapa dan rujakan). Tadinya mau ada menu rujak, la tapi biasanya yang bikin rujak kan si bumil la gimana mau bikin rujak wong bumilnya di Trondheim..jadi ya wes lah kagak ada rujak. Biasanya nanti kan kalo rujakan trus tamu undangan ditanya, rasanya gimana gitu kan..kalo enak berarti babynya cewe, kalo kurang nendang rasanya babynya cowo .

Sebenarnya, memang bagus ya ada acara adat, cuman kembali lagi musti lihat kondisi hehehe ini pembelaan saya sih. Diambil maknanya dan diselaraskan dengan kepercayaan kita…yang terpenting kan doa mitoni itu jadi ya sudah diambil itu saja. Mohon doa juga ya, supaya bumil dan baby diberikan kesehatan, perkembangan yang baik dan kelancaran sampai waktu melahirkan dan setelah melahirkan. Amin.

Labels:

--------------------oOo--------------------

3 Comments:

Blogger Archa Bella said...

Ya ampyuuuuun..kok ya cepet banget..ujug2 dah 7 bulan...bener2 waktu berjalan sangat cepat..tp aku rasa ga buat ibu hamilnya,lha wong aku ngrasain sendiri kok lamaaa ya..gak lair2..sempat terlintas seandainya hamil tu waktunya cuman sebulan tok..weleh-weleh....(kok meh podo mbek pitik yo..:P).Tp percayalah,tidak ada yang lebih indah daripada menjalani dan mmenikmati masa2 kehamilan...amazing pokoknya...dan ketika lair...woooooow....lah...speechless deh..rasain ndiri..heheh..Btw,kita disini ikut mendoakan supaya bayinya lair dengan sehat,selamat,lengkap,ibunya juga kondisinya prima,bapaknya juga siaga terus...hehehe....GBU ya...

6:58 PM  
Blogger Mel said...

Uut, pam doain mama, papa, & baby sehat semua, dan selalu dalam berkat Tuhan yang sempurna. Love you all!!

8:07 AM  
Blogger Benedicta said...

@Kartika...matur nuwuun makasih yaa :) GBU 2 ;)

@Pam..makasih Pamela,diaminkan doanya :) sending you hugssss from here :)

9:43 AM  

Post a Comment

<< Home