Sunday, December 07, 2008

Memang ternyata indah...

Memang ternyata indah juga setelah saya "sadar" dari ketidak-'ngeh'an saya selama ini. Mungkin dulu-dulu sudah pernah sadar tapi kembali lupa lagi kalau hal ini benar-benar indah.
Wah...apa siih maksudnya Yang saya maksud adalah...memang ternyata indah sekali melihat salju putih bertebaran dimana-mana seperti saat ini. Looh, bukannya saya udah sering lihat salju dari empat tahun yang lalu juga???? Iya, bener...tapi sore ini tadi..sepertinya berbeda! Salju putih terhampar dan menyelimuti Norway saat ini...bener-bener terlihat super cantik.

Ceritanya sih berawal dari tadi sore, saya keluar dari apartment saya menuju pusat kota Oslo. Saya jalan ke stasiun kereta api lokal yang menghubungkan suburban luar Oslo menuju Oslo...nah walaupun hari masih sore sekitar pukul 16.00 tapi berhubung sekarang ini sudah winter jadi ya sudah gelap seperti jam 18.00 di Indonesia. Menuju Oslo dengan kereta lokal hanya 20 menit saja...saat di dalam kereta, saya lihat ke luar jendela. Aiih, pemandangan di luar sangat cantik dimana salju putih berkelip-kelip terkena biasan sinar, rumah2x menyalakan lampu temaram, pohon2x di sepanjang jalan sudah banyak yang dihias lampu2x..langit di atas sana putih bersih...suasana hangat di dalam kereta...salju turun tipis-tipis di luar sana. Oh, I wish I could take that precious moment with my camera! Gosh! It was just fantastic! Saya jadi inget, bola salju kristal souvenir Norway yang dulu pernah saya beli di Artic Circle di ujung Norway utara sana. Senang rasanya kalo bola salju itu "dikocok-kocok" sehingga saljunya bertebaran. Saya bayangkan: mungkin dari atas langit sana..malaikat2x kecil sedang "mengocok-kocok" bumi di bagian Norway ini sehingga salju turun tipis-tipis saat itu. Gambar diatas diambil dari sini.

Sepanjang perjalanan menuju Oslo...salju terlihat disemua sudut. Setelah saya menyelesaikan urusan di Oslo, kembalilah saya menuju pusat stasiun kereta Oslo. Oh ya, berhubung ini sudah mendekati Natal, maka hampir semua toko di Oslo buka pada hari Minggu ini...padahal biasanya sih tutup semua. Di Oslo Sentrastasjon (Oslo S), di depan layar besar petunjuk jadwal kereta...saya lihat ada display majalah. Eh ternyata itu majalah Oslo S. Wah, majalah baru nih...soalnya saya belum pernah lihat sebelumnya. Dan ternyata memang edisi perdana.

Majalah-majalah tersebut dipajang dan bisa diambil gratis. Hehehe, maka saya ambil saja majalah itu sekalian menunggu kereta. Eh, menyela sedikit..kata gratis yang kita kenal di Indonesia itu ternyata sama dengan kata gratis di Norway (bahasa Norsk) sini...artinya ya sama dengan yang di bahasa Indonesia...gratis = tidak bayar. Saya jadi inget, dulu pertama kali datang ke Norway..kata Norsk pertama yang saya tahu yaitu itu tadi...gratis! Jadi penasaran apakah maksudnya sama dengan gratis yang di bahasa Indonesia itukah?? Pas saya tanya temen di apartement saya di asrama mahasiswa dulu...eeh bener artinya emang ga bayar alias gratis! Hehehe...Tadinya saya pikir itu ada kaitannya dengan bahasa Belanda, tapi sepertinya bahasa Belanda-nya gratis bukan gratis seperti di bahasa Indonesia dan bahasa Norsk..tetapi di Belanda gratis = vrij. Naah, gimana yah?? kok bisa sama??

Anyway...kembali ke majalah tadi, ternyata isinya tentang seputar pertokoan di dalam Oslo S dan beberapa artikel tentang winter. Naaah, ada 1 artikel yang saya suka yang judulnya "Eventyr Vinter" yang artinya "Kisah Petualangan Musim Dingin". Artikel itu sangat singkat, namun isinya mudah dipahami, bahasanya sederhana, dan pesan yang disampaikan ternyata bisa "memprovokasi" saya untuk menyadari bahwa memang musim dingin alias winter season itu indah dan cantik!

Berikut ini adalah cuplikan beberapa kalimat dalam artikel tersebut, yang sudah saya translate ke bahasa Indonesia. "Musim dingin adalah hadiah. Dia datang tepat pada saat kita memerlukannya. Dia merangkul dan menyelimuti kita dalam salju dan dingin, yang 'tak bisa kita hindari, tanpa ada pilihan lain - kita harus masuk ke dalamnya. Dan hal itulah yang memang kita ingin lakukan...".
Cuplikan aslinya diambil dari Oslo S Magasin Vinter 2008/2009 halaman 4: "Vinteren er en gave. Den kommer akkurat når vi trenger den. Den pakker oss inn i snø og kulde, og gir oss ikke noe valg - vi må gå i hi. Og det gjør vi gjerne..."

Betul, saya 'tak bisa hindari musim dingin ini karena saya saat ini tinggal disini. Mau tidak mau saya harus menyukai musim ini, saya harus menyenangi salju ini, saya harus menikmati dingin udara yang menusuk sendi-sendi. Dengan begitu...maka salju dan dingin akan menjadi teman dan sahabat saya di kala musim ini sedang mengunjungi Norway. Sesampainya saya di rumah, setelah mengebaskan jaket dan sepatu boots dari salju yang menempel dan menyalakan pemanas ruangan...hmmmp saya hangatkan diri saya dengan secangkir Milo panas yang terasa sangaaat...sangaaat nikmat! Ah, ternyata setelah dingin di luar akhirnya terbayar dengan secangkir coklat Milo panas. Senang juga ternyata persediaan Milo masih ada.


(foto koleksi pribadi)

Labels: , ,

--------------------oOo--------------------

1 Comments:

Blogger Dhy said...

"Saya jadi inget, dulu pertama kali datang ke Norway..kata Norsk pertama yang saya tahu yaitu itu tadi...gratis!"

He he he he, begitulah orang Semarang :-)

4:57 PM  

Post a Comment

<< Home