Wednesday, June 27, 2007

Liburan (awal) musim panas di Kreta – Yunani

Waaaw…darimana yah saya musti cerita liburan saya kemaren, soalnya banyak yang mau saya ceritakan. Jadi mana dulu yah yang musti saya tulis, pengennya biar pembaca ngga bosen kalo saya ceritakan lengkap dan detail hahaha jadinya ya udah saya putuskan untuk cerita secara ringkas dan lugas ya (wuiiiiih bahasanya…..)

1 minggu liburan kali ini saya gunakan untuk mengunjungi negara Yunani, tepatnya di pulau Kreta (cari sendiri di peta kalo penasaran yah hehehe……). Tadinya sih pengen nawar ke Athena, ibukota Yunani tapi tawaran yang diberikan ngga kesitu je…snaps…hihihi padahal dah berangan bisa nambah 1 lagi koleksi Hard Rock Café neeeh…..ya udah ngga pa pa mungkin laen kali…uhuk uhuk uhuk….duuh maap dikit ‘gatel nih tenggorokan.

So excited ya jelas, pertama kali mendarat di bandar udara Chania di pulau Kreta waktu sudah menunjukkan pukul 01.00 pagi, perjalanan masih dilanjutkan dengan menggunakan bus menuju ke kota Rethymnon yang letaknya sebelah timur kota Chania. Rethymnon adalah kota tujuan utama rombongan kami tempat dimana kami memesan hotel. Kali ini kami memakai sistem carter tur, jadinya sekali bayar dah komplet tiket pp Oslo – Chania, antar dan jemput bandara Chania ke hotel kami di Rethymnon, hotel selama 1 minggu plus breakfeast tiap hari.

Sampe di hotel, langsung tanpa basa-basi ngees dengan sukses sehingga breakfeast hari itu di hotel terlewatkan dengan sukses….trus berhubung udah lapeeer banget kami gabungkan deh makan pagi dan makan siang…hasilnya tidak menyesal! Coba-coba memilih restaurant terdekat dan memilih menú makanan khas Yunani: Greek salad (utamanya harus ada feta cheese), Gyros (semacam kebab) dan musaka (semacam lasagna yang terbuat dari campuran kentang, daging cacah, terong dan keju), kesan baik yang diberikan dari pengalaman pertama membuat saya “jatuh cinta” dengan makanan khas Yunani.

Hari pertama kami habiskan untuk menelusur kota Rethymnon, kesan yang saya dapatkan kota ini memang kota pantai…kaya pantai Kuta kalo di Bali gitu, sepanjang pantai banyak restaurant dan toko-toko. Terdapat “old town” dengan bangunan yang tua namun masih terjaga. Di bagian selatan kota ini lebih terkesan “modern” dengan ruko dan perkantoran. Oh ya sebelum saya lupa, di Kreta ini walah panasnya menyengat dan terik…uups datang dari Norwegia yang masih sejuk sepoi-sepoi wiiih saya udah beli tuuh sebelumnya body lotion protection plus SPF 20. Kesannya dah tinggi yah SPFnya tapi huhuhu hasilnya hmmmp saya “sedikit” jadi item…wawawaw padahal dah setengah maksa pengen putih je…ooooh! Jadi ini sisi “gelap” yang saya dapatkan setelah berkunjung ke Kreta.

Kegiatan selama1 minggu di Kreta sangatlah menyenangkan…kebanyakan rileks ajah (ehem!), baca buku dekat kolam renang hotel, tentu berenang (maen aer tepatnya), maen ping pong, shopping (agenda wajib!), makan makanan khas Yunani, dan 2 hari penuh kami menyewa mobil untuk mengunjungi kota lain: hari ke 3 kami habiskan untuk menyusur daerah sebelah timur kota Rethymnon mengunjungi tempat bersejarah Knossos sedangkan hari ke 4 kami habiskan untuk mengunjungi pantai terindah di pulau Kreta yaitu Elafonissi Laguna yang letaknya di ujung barat pulau ini.

Selama kami puter dan puter daerah di Kreta, tentu saya membayangkan filmnya Hercules…yang model2 pake mitos ala Yunani kan ya…ada dewa-dewa kaya Zeus, Apollo, Aphrodite, Hera, Atlas, Artemio, dkk. Suasana tebing-tebing, melihat desa-desa di sepanjang jalan, tentu juga tak ketinggalan khas Yunani pasti pohon olive. Seumur-umur baru liat pohon olive dengan daun yang bersinar keperak-perakan ketika ditempa sinar matahari. Dalam perjalanan ke bagian barat pulau ini, kami ambil rute yang aga panjang, lewat tebing-tebing curam tapi asik sekalian bisa liat kambing gunung dengan tanduk yang melingkar-lingkar tak ketinggalan domba-domba yang sedang merumput…walah saya jadi inget bukunya Paulo Coelho “The Alchemist” (note: makasih ya Jeng, dah dikasih tau buku hebat dan top bgt itu…).

Kembali ke masalah makanan, hmmmp sampe sekarang masih terasa ketika nyam nyam nyam ketika menyantap sate ala Yunani namanya Souvlaki, trus ada pula Greek youghurt yang dicampur dikit dengan timun segar, lemon, olive oil namanya: Tzatsiki. Ada pula daging semur ala Yunani namanya: Stifado, dagingnya bisa sapi bisa pula kelinci…hmmp perpaduan saus segar dan manis dengan tomat dan onion. Pokoknya saya sih cuman bisa nyaranin kalo temen-temen ke Yunani, jangan sungkan coba makanan Yunani dijamin: lezat habis!

Nah ada lagi, berhubung kota pantai ya jelas sea food pun jadi menú handalan kota Rethymnon ini. Menikmati makan malam di pinggir pantai dengan menú sea food yang fresh melengkapi liburan kami di Yunani.

Eh, sebelum saya lupa….huruf-huruf yang dipakai di Yunani itu sebetulnya sudah kita kenal sejak lama lhooo….karena kita pakai dalam bidang matematika, kimia, fisika…contohnya ya jelas symbol Yunani kaya phi, rho, kappa, alpha, beta, gamma, delta, dll…jadi pas di Kreta saya bisalah dikit-dikit baca nama jalan dan kota dengan huruf ala Yunani situ. Nah disini saya coba upload salah satu petunjuk jalan yang saya temui, naah silahkan diinget-inget pelajaran jaman SD, SMP, SMA dan juga pas jaman kuliah...

Labels: ,

--------------------oOo--------------------

2 Comments:

Blogger Joni n Agnes: said...

Ciee, yang abis pulang dari jalan2:)

Kulit item kan emang udah dari sononya..kok pake nyalahin matahari..kekekek!

Ya lain kali disempetin maen ke Athena dong...jangan lupa extra ticketnya dikirim ke korea juga:P

10:54 AM  
Blogger Benedicta said...

Hehehe..la wes sapa yang mo disalahkan..emang matahari kok hihihi (mode "ngeles" on!)

Doooooo....kan waktu itu dah ditawariin ticket Norway - Portugal pp hihihi.

Yak,..pengen juga maen ke Korea, eh di Seoul ada HRC to? seeeep! kekekekekekek..!

10:59 AM  

Post a Comment

<< Home