Monday, June 04, 2007

Piknik..yakin?

Sebenernya terlalu maksa kalo dibilang piknik...tapi juga terlalu serius kalo dibilang "kunjungan lapangan" ...malah jadi bingung? Begini ceritanya:

G:"hmmmp...cuaca bagus neh, ngga boleh disia-siakan" (memandang keluar jendela)
B:"tul...enaknya piknik kali yah" (sambil memikirkan santai dan makan ice cream..slurrp)
G:"woo..ide baek,boleh deh..kan ada PLTA deket sini..kita bisa kesana" (semangat)
B:"wah..yah kok ke PLTA...memangnya mo kunjungan lapangan" (kecewa..harapan musnah)
G:"weee...kamu belum tau siih...lokasinya bagus looh lagean ngga jauh dari sini" (promosi)
B:"emmmmmmm......" (mikir-mikir...enaknya kasih ide baru apa mencoba nih?)
G:"ada PLTA deket sini dan itu the largest run-of-river plant di Norway" (promosi habis)
B:"masa sih? ya deh kalo gitu..." (tiba-tiba jadi semangat..atau jadi termakan promosi)

Maka meluncur kami ke lokasi pertama, namanya Solbergfoss Power Plant. Lokasinya terletak di daerah Askim. Perjalanan kami tempuh dengan waktu sekitar 45 menit...benernya cuman 30 menit, jadi selebihnya kesasar hehehe...maklum sama-sama belum pernah kesana. Di Norway ini, terbit buku panduan jalan di seluruh Norway oleh NAF (Norges Automobil Forbund) untuk memudahkan pengemudi mengetahui arah...bagus juga idenya yah. Aniwei, sampainya kami disana..wuiiih baguuus banget ni PLTA. Saya kagum dengan integrasi design PLTA dan juga jalan raya yang dibuat menyatu dengan jembatan yang melintasi area spillway. Saya jadi inget pas dulu jaman mahasiswa, kelas saya pernah juga kunjungan ke PLTA di beberapa lokasi di Norway ini dan kebanyakan underground, tapi Solbergfoss ini termasuk yang bukan underground power plant jadi kita sekalian bisa melihat arsitektur bangunannya.

Perjalanan berikutnya, di tengah sore yang panas...tapi cukup indah pemandangan alam..., meluncur kami ke arah selatan dari lokasi pertama tepatnya sebelah hilir dari lokasi pertama. Nah disini, kami mengunjungi PLTA yang bernama Vamma. Baru kali ini nih, saya liat banyak banget vortex (pusaran air) di air yang mengalir menuju lokasi dam. Kali ini pas kebetulan banget, saya liat pintu air sedang ber-operasi. Wuiiih pas liat ke bawah, rasanya sedikit pusing hehehehe tapi cukup kagum dengan bagitu banyaknya energi dari air ini sampai-sampai suaranya menderu-deru. Cukup sensasional rasanya melihat air di sebelah kanan saya yang cukup tenang, syahdu, terlihat cantik dan manja tapi sesudah melewati pintu air...woo jangan ditanya...muncul energi dan kedasyatan yang hebat....saat lihat air yang jernih menjadi putih bagai telor dikocok rasanya mengingatkan saya pada kehebatan Yang Kuasa melimpahi dunia dengan yang namanya air...maka saya itu cinta banget sama yang namanya air...hehehehe....

Yah, jadi begitu...mau dibilang piknik kok bukan berasa duduk santai diatas selembar karpet piknik, beserta keranjang makanan dan buah, ngemil dan minum jus, sembari menghirup udara pegunungan atau hutan bisa juga taman, kaya cerita di film-film gitu hihihi....melainkan "piknik" kemarin itu yaah bolehlah dibilang wisata air..soalnya liat banyak air...tapi juga akhirnya tidak menyesal bisa enjoy lihat tempat baru di bagian negara ini.

Labels: ,

--------------------oOo--------------------

0 Comments:

Post a Comment

<< Home