Wednesday, April 25, 2007

Cerita Liburan (part 2)

Aha! Liburan ke Spanyol…ayooooh boleh saja gitu kata saya asal jangan ke Barcelona..sudah pernah saya kesana setahun yang lampau. Maka diputuskan: Madrid. Sebelumnya saya beli dulu buku Lonely Planet sebagai panduan dalam traveling kali ini..

Kali pertama berpergian dengan pesawat murah meriah…yah gitu deh delay 2 jam untuk berangkat ke Madrid…ampun deh! Sampai Madrid, masih beruntung bisa ngejar metro dari airport Barajas ke kota..at least masih bisa ngejar 1 metro lage ke Tribunal dan akhirnya tak terkejarlah 1 metro lagi menuju ke Gran Via…apaboleh buat akhirnya taxi jadi pilihan terakhir. Anyway, sampai di hotel langsung nges karena cape (pake banget!)….

Madrid: ibu kota Spanyol tentu orang sudah sangat mengenal…saat itu karena bertepatan dengan suasana Easter jadi suasananya kerasa sekali…mereka menyebutnya dengan ”Semana Santa” atau ”Holy Week” dimana Kamis Putih, Jumat Agung & Sabtu – Minggu Paska ada di dalamnya. Terus terang saya menikmati sekali liburan ke Madrid dibandingkan dengan liburan ke Barcelona tahun lalu…biarpun masih satu negara Spanyol, namun saya lebih suka Madrid (ciieee cieeeee…..). Kali inni kami kebanyakan mengunjungi museum (banyak kali!) mulai dari Museum Maritim, Musem Kereta Api, Museum Science & Technology, Museum Arkeologi, Botanical Garden, Temple Yunani, dan ikut walking tour mengunjungi gereja-gereja di kota Madrid. Di Madrid pulalah, saya menambah 1 lagi koleksi Hard Rock Cafe T-Shirt. Buku Lonely Planet yang saya beli sangat berjasa sekali hehehehe…soalnya kami menemukan restaurant yang menunya lezat banget plus harganya yang murah…hehehehe sampe 3 kali kami kesana bela-belaiin dari Gran Via sampe ke Principe Pio (musti ganti metro 3 kali huehehehe)….tapi its ok…menu ayam panggang yang lezat menggoda, sosis yang renyah, pie daging yang lumer di mulut, ditambah lagi sider apel yang terasa segaaaar (waduuh saya jadi terbayang Casa Minggo nama restoran itu…).

Segovia: itu nama salah satu kota tua yang terletak tak jauh dari Madrid, kami mengunjungi kota itu dengan menggunakan bus…perjalanan hanya sekitar 1,5 jam. Sesampainya di Segovia…waaaaah kesan peninggalan ala jaman Romawi sangat terasa: aquaduct yang masih kokoh berdiri, benteng Alcazar yang megah, kontur bukit dan lembah yang sungguh bisa membawa kita ke suasana tahun Sebelum Masehi….ccccck itu aja yang saya ungkapkan. Berkesan banget bisa 1 hari di Segovia, lagian tiket busnya ngga mahal. Kesan saya terhadap Segovia…sungguh kota tua yang masih terjaga manis dan aset wisata yang berharga.

Toledo: ini salah satu kota tua dan masuk ke dalam list World Heritage oleh UNESCO…maka jadi salah satu kota yang wajib dikunjungi apabila kita berlibur ke Madrid. Tadinya kami sempet hopeless karena tiket KA sampai 3 hari habis terus…huh itu memang peak season untuk turis siiih…lagian susahnya di Spanyol, hampir penyedia jasa tidak bisa berbahasa inggris (baca: merana!)…tapi perjuangan kami tidak berhenti begitu saja…hehehehe kami akhirnya dapet tiket ke Toledo dengan kereta express jadi waktu tempuh cuman 30 menit ajah…(walah baru serasa duduk di kreta dah harus turun lagee…)
Kesan saya terhadap Toledo: kota tua yang rumit, banyak gang-gang kecil yang tidak tertulis di peta (maka nyasar mulu!), sudah begitu karena itu kota tujuan turis maka turis jadi tumplek blek di Toledo…hehehehe cantik dan kuno sih kotanya, namun kesannya ruwet dengan arsitektur kota yang berliku-liku….aniwei…di Toledo inni kami masukkan agenda mengunjungi Katedral Toledo yang merupakan katedral utama di Spanyol inni…pas masuk waaah memang bener…lebih anggun dibanding yang di Madrid atau di Segovia.

Yaaaaaa itu diaaa cerita liburan saya di Spanyol yang sukses mengunjungi 3 kota: Madrid, Segovia dan Toledo…
Saran saya buat yang mau ke Spanyol : jangan makan siang bertepatan dengan lunch hour versi Spanish yi. j14 – j16…alamat ngga bisa dapet tempat duduk plus antreee yang luamaaanya minta ampun…plus satu lageee….ada baiknya pas ke Spanyol membawa buku guide yang penting banget berhubung kalo tanya orang lokal belum tentu bis ngeh berbahasa Inggris…

Labels:

--------------------oOo--------------------

2 Comments:

Blogger internet bisnis said...

Uffh.. Do i have 2 leave my comment wif/this account? Anyway, salam kenal.. Liburannya asik banget nih kayanya. Saya ketinggalan cerita2 di Bergennya yah. Masih ada satu tempat yg belum saya kunjungi di sana. Ulriken. Aduuh.. andai saja waktu itu bukan winter. My blog is ucha-weblog.com

8:09 AM  
Blogger Benedicta said...

Hai Ucha, salam kenal balik :)
Liburan kemaren memang asik habis :) (ps: bisa escape bentar dari kerja'an)..juga termasuk menikmati Ulriken-nya Bergen..top bgt kesan saya :)

9:34 AM  

Post a Comment

<< Home