Tuesday, February 19, 2008

Ferie lagii...ferie lagiiiii

(pic )

Eits, tunggu dulu...jangan keburu-buru salah sangka....judul diatas cuman” perpaduan kata” antara norsk dan bahasa....bukan berarti pula bermaksud untuk mengaduk-aduk bahasa yang baik dan benar...cuman dulu pernah teringat: kalau isi cerita ingin dibaca, maka judulnya musti menarik....hahahaha 'ngga nyambung banget!

Aniwei, maksud dari judul diatas sih: liburan lagii...liburan lagiiii...(baca: ferie = liburan). Berawal dari cerita hari ini di kantor saya (yang beberapa ruangan terlihat kosong)...bukan kenapa-napa...ada beberapa rekan kantor saya ada yang mengambil liburan atau cuti pada minggu ini. Loh? Apa minggu ini minggu libur? Jawabnya: ya dan tidak. Ya, bagi anak-anak sekolah disini…minggu ini disebut: vinterferie (liburan musim dingin). Tidak, karena ini minggu adalah minggu biasa tanpa ada “tanggalan merah” atau hari libur nasional jadi ya minggu kerja seperti biasa buat pegawai-pegawai kantor.

Kembali ke masalah liburan, seperti yang sudah saya tulis…ferie lagii…ferie lagiiiii….jadi memang benar, di Norwegia sini…ada banyak banget macam-macam liburan di luar liburan “tanggal merah” di kalender…(oh omong-omong, saya kok belum pernah yah menjumpai kalender di Norway yang warnanya merah pas hari-hari libur…paling hari-hari libur diberi warna yang berbeda (biasanya bukan merah pula!) dari warna dasar tanggalan). Ah, cuman biar lebih mudah biarlah saya tetap pakai sebutan tanggalan merah untuk menyebut hari libur berhubung sudah biasa dari dulu menyebut begitu. Minggu ini contohnya (uke 8 = minggu ke 8)….disebut vinterferie atau liburan musim dingin. Sekolah-sekolah libur selama 1 minggu penuh…jadi otomatis orang tua harus extra memeras otak untuk mikir-mikir mau dikasih kegiatan apa si anak-anak ini. Ada lagi libur yang namanya høstferie atau liburan musim gugur yang biasanya jatuh bulan Oktober…lagi-lagi libur 1 minggu buat anak-anak sekolah. Nanti sebentar lagi pun, ada yang namanya sommerferie atau liburan musim panas…yang biasanya dari akhir bulan Juni sampai anak-anak sekolah baru masuk lagi sekitar awal-awal Agustus untuk tahun ajaran baru. Liburan-liburan yang berbeda satu dengan lainnya nampaknya sudah tradisi dan bagian dari kehidupan disini…sama seperti hidup disini yang berputar diiringi musim-musim yang berbeda (looh kok tiba-tiba jadi puitis begini…hehehe).

Jadilah minggu ini adalah vinterferie. Beberapa rekan kerja saya ada yang mengambil cuti 1 minggu alias ya 5 hari kerja…full hehehe, ada yang mengambil dari jatah cuti dari kantor (info: setahun kami dapat jatah cuti 5 minggu…hehehe lumayan-lumayaaaan) tapi ada pula yang menggunakan jatah waktu tabungan lembur yang dimiliki (info: disini, lembur kerja bisa dimasukkan dalam tabungan jam lembur yang bisa dipakai untuk ambil off-day atau bisa juga dimintakan uang lembur). Sekretaris kantor saya, dia ambil cuti mulai hari senin kemarin dan baru akan masuk senin minggu depan…jadilah ada salah seorang pengganti sementara untuk bertugas di resepsionis depan. Ada juga rekan-rekan kantor di lantai satu, lantai dua (yang paling parah karena banyak ruangan kosong berhubung pada liburan), dan juga di lantai tiga tempat ruangan kerja saya.

Tadi pagi, dalam perbincangan saya melalui telefon dengan salah seorang rekan kerja saya yang berada di kota lain …saya bilang, ok hari ini saya kerjakan dan besok saya kirim via email yah. Dia bilang; waduh bisa ngga hari ini selesai soalnya besok saya ambil liburan sampe senin depan baru masuk. Whew!! Ya udah, akhirnya saya kerjakan juga tugas kecil dari beliau di sela-sela tugas laen yang bikin pusing (susah amaat bikin stabil nii power station). Sekitar siang sebelum jam makan siang, temen kantor tanya saya, apa bisa ntar diskusi bentar tentang proyek kami setelah makan siang…soalnya besok dia sibuk dan kamis plus jumat ambil liburan vinterferie. Ya deeeh, habis makan siang bilang saya. Ketika jam sudah menunjukkan pukul setengah empat, datang rekan kerja yang lain…hehehe, ada waktu bentar? Dan waktu yang sebentar itu pun jadi lama dengan berdiskusi tentang proyek yang lain…bla…bla…dan blaaaa…..ok deeh kata saya, besok yah saya kerjakannya….Trus dia bilang, sante aja yang penting ntar senin bisa kita pake untuk meeting sama client yang akan datang kesini. Oh ya, saya off mulai besok pagi, mau liburan vinterferie…jadi udah jelas ini dan itu??

Hahahaha jadi begitulah, hari ini entah kenapa semangat dan tekanan vinterferie sudah “menyerang” rekan-rekan kantor…. Saya??? Oh, hampir lupa…ya ya ya termasuk saya deeeh (akhirnya ngakuuuu!!).

Labels: , ,

--------------------oOo--------------------

5 Comments:

Blogger Adhini Amaliafitri said...

huaaah..enak bener ya liburnya lumayan!hehe..coba klo di Indo kaya gt yah..

salam kenal juga mbak tami! =)
udah aku link balik tuh..btw,tinggal di norwegia skrg?

soal kupu2, aku sih biasa aja..cuma karena warna kuning jd aku pake buat layout. blognya lucu banget sih mbak!!sukaaaaa...warna ungu sih!hehe..

3:50 AM  
Blogger Silly said...

Ehaiiii jeng... wah blog kamu asyik banget tampilannya yach... keren... nyejukin mata... pokoknya berasa jadi anak2 lagi dech... hahaha...

tadi saya pikir kamu mo ngegosipin si ferrie maryadi, hehehe... ternyata liburan... ;-p)

Kamu tinggalnya di norwey yach... wah, asyik sekali. Cerita2 dong... email aja kalo panjang mah... ke sillistupidlife@gmail.com

SElamat berlibut kalo gitu...

Ferie lagiii...feriii lagi...hehehe

salam,
-sil-

9:35 AM  
Blogger Benedicta said...

@mba Sil: makasiih udah mampir ;) hehehe siiip ntar daku imel yah..japri :)

@Adhini: makasih udah di link..sudah daku link balik pula ;) salam blogger :)

1:30 PM  
Anonymous Anonymous said...

jadi pengen minta diajarin bahasa norway

6:58 AM  
Blogger Benedicta said...

@Bintang...wah makasih idenya..malah jadi kepikiran posting bahasa nork & bahasa indonesia ;) sekalian membagi ilmu hehehe ;)

1:03 PM  

Post a Comment

<< Home