Wednesday, May 09, 2007

Pesta Pernikahan di Norway

Beberapa hari yang lalu, saya datang ke suatu pesta pernikahan disini. Pesta pernikahan disini disebut dengan nama bryllupfest. Jadi kemaren itu, merupakan pengalaman pertama saya dateng ke pesta pernikahan di Norway. Saya seneng bisa liat gimana sih budaya lain merayakan hari spesial mereka, so saya mau sharing dikit di blog ini.

Yang pasti beda banget dengan pesta pernikahan di Indonesia yang pernah saya kunjungi. Pesta di Norway termasuk dalam kategori pesta terbatas, maksudnya pesta itu hanya ditujukan untuk keluarga dan teman (sangat) dekat saja. Mungkin hal ini terlatar-belakangi dengan mahalnya kebutuhan disini huehehehe...maklum biaya hidup disini termasuk top ten termahal di dunia. Kalau di Indonesia mah bertumpah ruah yaa tamu undangan yang hadiir huehehehe. Saya sempet berbincang-bincang dengan beberapa tamu undangan yang lain, saya bilang kalo di Indonesia mah bisa sampe ratusan neeeh, contoh pas kakak saya dulu itu sekitar 500an undangan...*gubraaaak*...mereka pada melotot semua.

Model pesta nikah kemaren bukan standing party kaya di Indonesia, tepatnya kami duduk sesuai dengan nama yang diletakkan di meja..jadi ngga bisa milih-milih. Sebelum masuk ke ruangan makan, lihat dulu peta tempat duduk huehehehe...dimana anda telah diletakkan oleh host ybs. Modelnya kaya meja panjang berjejer beberapa lapis gitu. Dipisahkan antara keluarga pengantin cowo, cewe, temen deket pengantin cowo dan temen deket pengantin cewe.

Pembukaan oleh seorang MC, ya biasa nyebutkan siapa pengantin cowo dan cewe trus juga acara yang akan berlangsung plus nyebutin menu makanan juga huehehehehe.

Di acara tersebut, banyak banget "pidato" dari tamu undangan dan keluarga yang sudah ditunjuk. Walaupun saya belum banyak ngeh norsk, tapi ada seorang translator ke saya huehehehe lagian dikit-dikit mah I can, jeg forstår. Tipikal pidato yang diberikan modelnya adalah pengalaman dari si pemberi pidato kepada pengantin cowo atau cewe...biasanya cerita masa lalu (yang lucu-lucu), juga kesan dan yang pasti harapan dan doa..hmmp.
Pidato pertama oleh si pengantin pria bercerita tentang pengalaman pacarannya, kebetulan si pengantin pria ini lucu banget orangnya jadi sampe tamu undangan terpingkal-pingkal...satu orang ibu-ibu duduk di depan saya sampe nangis-nangis saking ngga tahan sama guyonannya.
Pidato yang lain diberikan oleh salah satu keluarga pengantin cowo, trus keluarga pengantin cewe, trus temen deket si cowo, temen deket si cewe....disela-selanya dimulai jugalah makanan disajikan.

Makanan pembuka biasanya tipikal ringan, kemaren itu udang sama bayam dikasih saus kuning plus ada roti bakar dikit (weleeeeh bisa bayangkan??) tapi enak kok. Trus minumnya mah anggur merah cieeee...tersedia pula ding air putih. Setelah itu menu utama, berupa daging sapi panggang, kentang keju dan sayurannya dengan brown saus. Menu utama disajikan 2 kali kalau-kalau ada yang mau nambah (apaa?? saya?? tentu nambah doong huehehehehe). Setelah itu ada yang namanya dessert, 2 macam yang pertama minuman dan yang kedua berupa roti manis diberikan krem dan bertaburkan macam-macam berry.

Setelah acara makan selesai, tamu undangan beranjak ke ruangan lain, dimana suasananya bebas dan santai, kami duduk di sofa-sofa empuk. Disitu intinya, acara kekeluargaan dan entertainment, ada seorang pelawak yang menghibur acara. Sambil menikmati acara, tamu dibebaskan untuk memesan minuman (apa saja..mulai dari yang panas maupun yang dingin) dari bar yang tersedia. Plus juga ngemil kue-kue (basah dan kering). Acaranya itu teruuuuus sampe akhirnya dikasih tau sama MC kalo silahkan bagi yang mo lanjut duduk di ruangan santai atau mau dansa di ruangan sebelah yang tadi dipakai untuk acara makan. Tentu saja meja dan kursi sudah disingkirkan dulu. Ada band yang mengiringi malam itu. Bagi yang mo pulang ya monggo silahkan jadi mah acara tergantung tamu undangan kalo mo lanjut ya lanjut kalo mo pulang silahkan.

Sudah menjadi tipikal orang sini, namanya pesta mereka pasti banyakan minum minuman alkohol baik yang rendah maupun yang tinggi. Karenanya, banyak sekali tamu undangan yang datang dengan mobil pribadi namun pada saat pulang mereka pakai taxi. Kesadaran tinggi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan soalnya kalau ketahuan nyetir dengan kadar alkohol tinggi..nah loooo bisa-bisa ilang itu SIMnya dicabut.

Naaah gitu sekilas cerita saya...pengalaman pertama ke pesta pernikahan disini...

Labels:

--------------------oOo--------------------

0 Comments:

Post a Comment

<< Home