Thursday, December 20, 2007

Julebord (part 2)

Julebord kali ini saya hadiri di minggu kedua bulan Desember. Acaranya adalah pesta perayaan natal yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Oslo yaitu bertempat di Bygdøy, Wisma Indonesia.

Lain dengan acara julebord minggu pertama, kali ini karena kebanyakan orang Indonesia jadinya suasanya pastinya sangat berbeda dong ya dengan pesta natal ala Norwegia. Jadi ceritanya begini:

Perayaan dimulai dengan acara kebaktian selama 1 jam bagi masyarakat Indonesia yang merayakan Natal. Acara yang khas dengan nyanyian, doa dan juga pesan natal yang indah yang dibawakan oleh salah seorang senior Indonesia yang sudah lama menetap di Norwegia sini, jadinya beliau menyampaikan dalam 2 bahasa, berhubung tidak hanya masyarakat Indonesia yang hadir namun ada pula beberapa hadirin Norwegia. Pesannya pun indah, mengenai harapan akan kedamaian. Nyanyian yang dibawakan ada bermacam-macam mulai nyanyian berbahasa Indonesia, bahasa Norsk dan bahasa Inggris.

Setelah acara kebaktian selesai, maka acara kedua adalah acara ramah-tamah artinya acara ini bebas terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia karena intinya ya itu tadi ramah-tamah dan ada juga makan-makan. Acara pun dimulai dengan 2 sambutan, dari ketua panitia natal dan dari konsulat KBRI (berhubung Dubes sedang bertugas mengikuti Konferensi Climate Change di Bali bersama rombongan Perdana Mentri Norwegia). Daaan, setelah itu acara lanjut dengan makan dan makan, ngobrol sana-sini dengan temen-teman Indonesia yang lainnya.

Hadirin mengambil hidangan yang tersedia kemudian bebas untuk duduk di tempat yang telah disediakan, jadi tidak diatur seperti pesta julebord ala Norwegia. Hmmmp menu pastinya ala masakan Indonesia...seneng bangeeet makan ala makanan Indonesia...ada ayam bakar pedas, sop, ikan goreng tepung, gado-gado, kue kering, kue basah, dll. Waaah pokoknya seru habis deeeeh....semua hadirin tampak menikmati acara yang ada. Lagu-lagu dimainkan, ada yang dansa-dansa dan banyak pula yang ngobrol sante dengan menikmati makanan. Saya sendiri tidak lama berada dalam pesta tersebut, karena saya musti pulang ke rumah dan aga malas kalau pulang malam-malam hehehehe. Cuman ya itu dia, seneng bangeet bisa dateng ke acara kumpul-kumpul dengan masyarakat Indonesia yang lainnya....hitung-hitung bisa ngobrol bebas pake bahasa...hehehehe.


Labels: ,

--------------------oOo--------------------

0 Comments:

Post a Comment

<< Home