Tuesday, December 18, 2007

Julebord (part 1)

Istilah julebord memang istilahnya orang Norwegia yang berarti pesta perayaan Natal atau Christmas party. Bulan Desember begini, biasanya dimulailah julebord di mana-mana, entah di tempat kerja, undangan rekan, tempat kursus, dll. Eh, sebenarnya kalo mo diartikan pisah-pisah, julebord itu: jule = natal sedangkan bord = meja.

Sudah ada beberapa julebord yang saya hadiri, kalau dihitung-hitung sudah lima julebord hehehe. Semuanya beda-beda ceritanya, maka saya pengen share disini. Karena banyak maka saya pisah-pisah saja yah cerita dalam beberapa bagian.

Weekend pertama bulan Desember, saya menghadiri julebord bersama dari kantor cabang Trondheim. Sore yang dingin, salju masih banyak di Trondheim saat itu. Acaranya diawali dengan ramah-tamah sederhana di kantin kantor sambil menunggu orang-orang berkumpul. Sekitar 1 jam begitulah, maka kami bersama-sama naik bus yang disediakan kantor menuju restoran yang sudah dipesan. Alasan mengapa naik bus karena begini, rata-rata orang Norwegia yang saya kenal...mereka punya tingkat kesadaran yang tinggi dalam kaitannya dengan urusan pesta dan mengendarai kendaraan pribadi. Lohh kok bisa? ya bisa, soalnya kalau pesta kan mereka minum anggur atau jenis minuman "berat" lainnya sebagai tradisi disini nah kalau begitu kan tidak boleh menyetir kendaraan, maka disediakanlah bus sebagai alternatifnya. Namun kalau yang mau nyetir sendiri mah silahkan, cuman mereka membatasi untuk tidak minum banyak.

Aniwei, setelah sampai di restoran yang dituju, kami mencari tempat lokasi dimana kami akan duduk, kebetulan di julebord ini, panitia sudah memasang meja lengkap dengan nomornya dan siapa saja yang akan duduk disana...jadi sudah diatur begitu, biasanya sih supaya semua peserta "minggle" bersama dengan rekan yang lain. Dalam satu meja panjang, ada 12 orang. Di meja tersedia peralatan makan plus ada kupon minuman 4 biji artinya kita bisa memesan minuman gratis dari bar yang ada di restoran tsb, kalau minum lebih dari yang kita pesan di bar ya berarti bayar sendiri.

Acaranya dimulai dengan entertainment dari restoran ybs, ada seorang berpakaian ala bangsawan inggris (pake wig dengan rambut kruil kruil) dan dia cerita lucu-lucu sambil beberapa kali menyampaikan puisi juga. Setelah itu, sambutan dari kepala-kepala divisi dan yang terakhir sambutan dari manager cabang Trondheim. Suasana dalam ruangan dibuat syahdu, hanya dengan lilin-lilin dan hampir semua lampu dimatikan...wah suasananya masih hangat pula (berhubung heater pemanas on).

Setelah acara bla dan bla selesai, maka satu persatu urutan meja mengambil makanan yang tersedia. Pesta ala buffet, jadi ambil sendiri sepuasnya. Menunya khas menu julebord ala Norwegia: ribbe (daging ham), pinnekjøtt (daging rusuk domba), kålrabistappe (sayuran kol), kentang, sosis, saus, ada juga dessert yang tersedia macam-macam. Sangat memuaskan, sebagai penilaian saya huehehehe.

Sehabis acara makan malam selesai, acara ramah tamah digelar. Ada band yang menyanyi, kemudian dansa, atau yang kita ngobrol sana-sini. Acara ini berlangsung sampai jam 3 pagi tepat saat bar tutup. Ada yang pindah lokasi ke bar lain yang masih buka, cuman berhubung kami capek ya sudah kami pulang hehehehe.

Ini saya pasang foto restorannya, yaitu Ringve.

(pic)

Labels: , ,

--------------------oOo--------------------

0 Comments:

Post a Comment

<< Home