Wednesday, September 21, 2011

Tantangan? Cobaan? Berharap? Oh Tuhanku (bagian 2)

Ketika saya sudah mulai stabil…oh rupanya Tuhan masih ingin mengajari saya buat terus setia di jalanNya. Kalo saya boleh ibaratkan, Tuhan seakan-akan sedang menyerut pensil membuat ujungnya jadi lebih tajam..sakit rasanya (beneran sakit, sakit banget prosesnya!) tapi hasil serutan membuat puisi yang di tulis di kertas jadi indah!

Aniwei, kembali ke masalah visa! Saya udah hopeless ga bisa kontak ke kedutaan Malawi di Belgia, udah pake telp kantor saya ga bisa, pake telp kantor temen ga bisa, pake telp kantor si sekretaris kagak bisa. Saya cuman takut kalo-kalo informasi di website mereka itu fake. Siapa saja yang pinter buat website jelas bisa dong bikin website, apalagi ni website udah lama kagak diupdate. Sial!

Trus suami saya sarankan, saya telp ke kedutaan Malawi yg laen di Eropa..well okey, saya coba Jerman dah. Puji Tuhan, ada jalan. Saya dikasih nomor telp kontak ke Belgia (yang tentu laeeen dari yg tertulis di website!..again!) dan dikasih tau emang ada kok kedutaan Malawi di Belgia dan bener alamat serta prosedur permohonan visa kesana. Jadi intinya ya cuman bisa ke London dan ke Belgia buat kita warga yang perlu visa yang tinggal di Eropa. Ampun dah, ribet banget..kenapa engga visa on arrival aja seeh yang bisa diurus di airport pas waktu kita sampe di negara tujuan, kenapa ya musti visa in advance??..*ngrundel sendirian sambil kipas-kipas passpot hijau ini*.

Akhirnya setelah berkali-kali telp ke Belgia akhirnya nyambung juga sih. Sip, lanjut kudu kirim semua dokumen kesono. Pilihan jatuh ke salah satu jasa kurir internasional. Pas tanya ke customer service dibilang kita bisa beli return envelope dari Belgia ke Norway. Lega. Nah, pas sekretaris telp si kurir ini buat ambil document ke kantor kami, kurirnya bilang: ups maap, anda telat 5 menit (nelponnya jam 14.05 hari Jumat) soalnya paling telat kudu nelpon jam 14 supaya kurir bisa ambil document. D*mn! Kalo mau tetep kirim hari ini ya kudu datang sendiri ke kantor si kurir! *lemes*. La gimana nih, kalo saya ga kirim hari Jumat bisa-bisa molor waktu visa ini dan ini udah tinggal 2 minggu sebelum berangkat euy! Sedangkan waktu visa bisa min. 1 minggu…*pusing*. Jumat itu saya masih inget, suami masih belum baik kondisinya, saya bilang bisa ga anterin ke kantor si kurir ? ini urgent dah! Puji Tuhan ya suami mau anteriin juga, hari Jumat, udah mau masuk weekend…lalu lintas macet tak terkira…saya sempet nangis di mobil, bilang sama suami saya: ampun dah baru kali ini urus visa susah amat, kayanya kok ga mulus sih jalannya? Mana kudu anter dokumen sendiri *ga punya sim Norway jadi gimana mau nyetir mobil??*

Sampai di kantor kurir, eeeh dibilang ga bisa beli return envelope *gubrak* dan ga boleh masukin duit ke amplop! Rasanya udah pengen ga kirim aja tuh dokumen. Saya udah rasanya mual bangeet, mules, pusing! Kirim ga ya? Kirim ga ya? Dokumen ini? Sekarang atau Senin? Akhirnya saya udah pasrah, ok saya kirim dokumen ini. Entar gimana ambilnya pikir nanti, kalo perlu saya musti ke Belgia ambil passport ini! Wes kirim, tutup amplop.
Weekend ga mau mikir urusan visa..ngurus keluarga. Senin barulah saya cek itu posisi dokumen saya sampe dimana. Pas saya buka website, eeeh ditulis: dokumen ga bisa diserahkan ke alamat yang dituju, dokumen kembali ke kantor kurir di Belgia sono. Wakksss?? Ya ampun Gusti, apalagi siih ini?? Saya cek apakah hari itu hari libur baik di Belgia atau Malawi karena biasanya kan kedutaan ngikut hari libur sono sini. Eh engga hari libur kok. Telp ke kedutaan nunggu sampe buka j 9 pagi, akhirnya dibilang: ya biasanya kurir datang kepagian, bilang aja suruh anter diatas j9 sebelum j 15 gitu. Lega udah terima penjelasan.
Weekend ga mau mikir urusan visa..ngurus keluarga. Senin barulah saya cek itu posisi dokumen saya sampe dimana. Pas saya buka website, eeeh ditulis: dokumen ga bisa diserahkan ke alamat yang dituju, dokumen kembali ke kantor kurir di Belgia sono. Wakksss?? Ya ampun Gusti, apalagi siih ini??Saya cek apakah hari itu hari libur baik di Belgia atau Malawi karena biasanya kan kedutaan ngikut hari libur sono sini. Eh engga hari libur kok. Telp ke kedutaan nunggu sampe buka j 9 pagi, akhirnya dibilang: ya biasanya kurir datang kepagian, bilang aja suruh anter diatas j9 sebelum j 15 gitu. Lega udah terima penjelasan.
Akhirnya telp ke customer service di Belgia, dibilang kudu telp customer service di Norway secara dokumen atas nama kurir cabang Norway. Huh, ok akhirnya nelpon ke customer service Norway, bilang supaya mereka minta ulang kirim dokumen hari itu juga supaya visa segera bisa diproses. Sialnya, customer service yang terima telp saya (cowo) rupanya sedang BE-TE!Entah apakah dia barusan putus dari pacarnya weekend kemaren, yang jelas jawabannya ketus banget dan jelas tak membantu kasih solusi dan cekaknya bilang: mereka sibuk dengan banyak dokumen, si kurir akan coba lagi kirim besok TITIK. La saya masih coba berpikir adem bilang gini (note saya ngomongnya pake bahasa norsk yang alus lembut): ya kalo besok dokumen saya dikirim sebelum j9 pagi ya there is no use! Secara ya kedutaan pan masih tutup, coba dong kasih note dokumen dianter diatas j 9 pagi sebelum j 15 gitu.

Labels:

--------------------oOo--------------------

0 Comments:

Post a Comment

<< Home