Wednesday, September 21, 2011

Tantangan? Cobaan? Berharap? Oh Tuhanku (bagian 1)

Postingan ini sebernya sambungan dari postingan pertama ttg cerita Malawi-Ketika tawaran itu ada, cuman berhubung waktu itu nulisnya udah cape jadi keduluan sama postingan yang Perjalanan ke Malawi.

Aniwei, postingan ini sih sebetulnya murni curhatan saya sebelum saya berangkat ke Malawi. Masih inget kan kemaren saya tulis tantangan dan cobaan berturut-turut saya hadapi. Terus terang, iman saya teruji. Ceritanya begini:

Pas saya cek di internet, waks bener dah saya perlu visa buat masuk ke Malawi secara masih ber-passport Burung Garuda. Sebenernya sih masalah apply visa buat saya bukan cerita baru, mudah sih caranya. Cuman jelas ada ribetnya: guarantee letter sama invitation letter. Jadi saya musti minta bos di Oslo bikin guarantee letter, musti minta local partner yang di Malawi bikin invitation letter. In the mean time, saya coba search kedutaan Malawi di Norway…nope! Ga ada, oke search lagi akhirnya nemu di London. Coba liat prosedurnya: weleh kok musti datang langsung secara personal ke London yak. Ini mah ga masuk akal dah. Coba telusuri alamat-alamat kedutaan Malawi di internet ga ada yang deket-deket Norway. Akhirnya disarankan temen pake agen pengurus visa. Oke dah, kontak mereka trus dikirim formulir dan syarat2. Pas tanya harga astaga service fee-nya lumayan besar (hampir 3x lipet harga visanya sendiri!)..agen bilang ini permohonan visa kudu dikirim ke London bla bla bla. Baik, saya telp ke London dulu ah buat cek kebenarannya. 1 hari coba telp kesono kagak ada yang angkat telp…bikin emosi! Akhirnya musti telp ke konsular Malawi yang ada di Dublin, Ireland. Untungnya petugasnya baek banget, dia kasih nomor yang di London..yang jelas bisa ditebak laen sama yang tertera di internet..nguk!

Telpon ke London, akhirnya nyambung juga (jelas pake nomor telp yg dikasih sama konsular di Dublin)..kemudian dibilang: secara dirimu tinggal di Norway maka permohonan visa kudu via kedutaan Malawi di Belgia. Allright, kenapa si agen visa ini kagak bilang euy? Udah curiga dan malas pake mereka dah! Akhirnya, cek internet kedutaan Malawi di Belgia. Coba telpon selama 2 hari kagak pernah nyambung, hopeless! Sementara itu waktu makin sempiit aja dah karena kan udah musti booking pesawat dan hotell yang masuk dalam persyaratan permohonan visa itu. Ya Gusti, paringono sabar (Tuhan berilah aku kesabaran).

Sementara proses visa yang bikin puyeng kepala masih ada, saya musti kerja 1 hari di Oslo. Pas besoknya mau berangkat ke Oslo, eeeh tiba2 secara mendadak dan misterius, suami dan si kecil muntah2, diare, lemes…duh sedih, udah mau batalin rencana ke Oslo tapi akhirnya ayah mertua bisa datang buat nemeni mereka di rumah (ayah mertua kudu nyetir 2.5 jam buat datang ke rumah kami karena tinggal di luar kota, sementara ibu mertua lagi tur ke Estonia sama grup kerjanya). 1 hari kerja di Oslo, pulang ke rumah dengan lancar tapi suami sama si kecil masih sakit. Hari berikutnya saya kerja seperti biasa, pas pulang ke rumah eeeh ayah mertua malah ketularan muntah-muntah dan diare hebat…*dong, tepuk jidat, jeduk-jeduk*. Maka hari berikutnya saya ga ngantor la wes: anak sakit, suami sakit, ayah mertua sakit. Disela-sela cobaan dan pikiran stres seperti itu saya bersyukur saya dikasih kesehatan sama Tuhan buat merawat mereka. Yang paling bikin sediiih banget ya kalo si kecil muntah. Rasanya dunia saya runtuh hebat! Hancur berkeping-keping lihat makanan keluar semua dari mulut mungilnya. Saya bahkan menangis dan berseru pada Tuhan: jangan hukum anak kami seperti ini, Tuhan. (pas lagi nulis ini, mata saya berkaca-kaca..inget lagi peristiwa itu, apalagi sekarang saya sendirian di hotell tulis postingan ini). Coba kasih makan lagi, eh muntah lagi. Habis itu saya udah hancur lebur, saya kecewa sama Tuhan..kecewa dan marah sekali. Apa sih yang salah dari doa saya? Bukankah saya meminta hal yang sangat wajar, permintaan seorang ibu untuk anaknya? Apakah permintaan saya berat? Berat badan si kecil pun menyusut :(. Kemudian, saya malas berdoa…saya ragu berharap, saya pasrah dan saya biarkan.

Ketika hari Minggu, saya benernya udah angot-angot’an ke gereja kagak yah. Malas ah. Tapi kok lama udah ga berdoa, rindu juga..kering jiwa ini, bahkan saya ada kepikiran: loh bener saya mau menjauh dari Dia? Trus mau jadi apa saya ini! Tapi kemudian timbul lagi: walah la wong minta buat kebaikan aja ga didenger kok? La ngapain berdoa?. Ah, rasanya lucu juga inget peristiwa itu. Untungnya Tuhan masih sangaaaat sayang sama saya. Dia buat suami dan anak kami tertidur kira-kira jam mau mendekati waktu buat ke gereja (mereka masih dalam masa pemulihan jadi banyak istirahat). Lah, mereka tidur la trus saya mau ngapain? Maen internet? bosan ah. Masak? Udah selesai. Nonton tv? Uff ogah. Lah? Ya wes ke gereja ada deh.

Di gereja seneng beberapa temen Indonesia ada disana, asik. Maka dimulailah misa sore itu. Deeng, pasturnya masuk ke ruangan…horay! Itu kan Pastur yang sedang ambil cuti buat sekolah di Roma? Heh? La ngapain beliau disini? Ternyata beliau sedang liburan pendek jadi pulang ke kota kami. Lah, pastur ini secara rohani punya peran khusus buat saya dan suami karena beliau-lah yang memberikan kami kursus perkawinan, membimbing kami secara rohani, membantu segala macam persyaratan yang diminta dari gereja di Indonesia. Intinya, saya ada merasa ”dekat” dengan si Pastur ini. Itu satu hal, kemudian mulailah kotbah hari itu..tentang doa! Sampai ketika beliau bilang begini: “Do not underestimate the power of prayer”. Saya cuman bisa menelan ludah, dan mata pun mulai berkaca-kaca..sampai saya pun menangis ketika saat konsekrasi piala dan komuni suci diangkat! Saya merasa sangat berdosa.

Saya tidak bisa menuliskan dengan kata-kata bagaimana saya menyadari bahwa saya seperti domba yang hilang, namun Gembala sejati saya dengan setia mencari saya, Dia membawa saya kembali dengan caraNya tersendiri. Tuhan terima kasih sudah setia kepada saya.

Labels:

--------------------oOo--------------------

0 Comments:

Post a Comment

<< Home