Sunday, February 25, 2007

Malem minggu kemaren.....

”Ayo dong sekali-sekali kumpul sama temen-temen...daripada di rumah aja kan bosen to”, kata si kacamata. ”Hmmp...males ah di luar turun salju lagi tuuh...enakan baca buku di rumah sambil nyobain youghurt yang kemaren saya beli”, tolak saya ogah-ogahan. ”Haiiih lagi salju segitu juga...ayoo doong lagian bisa kenalan dan cari suasana baru”, usaha dia lagi. ”Huh ya deh..tapi kamu samperin saya soalnya saya males naek kereta ke Oslo”, akhirnya saya dengan ”ngga enak ati” menerima tawaran itu.

Akhirnya cerita malem minggu kemaren saya kumpul dengan beberapa orang kawan teman saya, si kacamata. Tepatnya ada lima orang baru yang saya kenal, karena dua orang selebihnya yaitu si kacamata dan si cepak sudah saya kenal sebelumnya. Acaranya biasa ajah, ngumpul, ngobrol, ketawa, nyetel lagu-lagu, trus ujungnya ya makan malem. Jadi kemaren saya selain menikmati acara ngumpul sama temen dan temen baru, juga amati satu per satu orang yang ada malem itu.

Satu orang berbadan cukup subur dan berkepala gundul plontos namun dia yang paling lucu di antara kami kemaren, padahal dia yang paling tua. Kadang saya ngeh guyonan dia..tapi kadang saya pikir leluconnya aga terkesan dipaksakan...soalnya ngga ada yang ketawa selain dia sendiri. Ada pula satu orang yang paling pendek di antara kami, tidak begitu lancar berbahasa internasional dan terkesan tidak punya ide karena selalu ”ya ya ya ya” ajah setiap temen yang laen mengajukan pendapat...hmmp mengingatkan saya pada seorang temen dari negeri himalaya yang berkarakter sama. Satu orang lagi, orangnya luarbiasa cepet kalo ngomong...welah sampe saya musti tanya berkali-kali...hmmp bisa diulang lagi? Tadinya saya pikir saya doang yang berkesimpulan, saya yang rada ngga ngeh’an apa ni orang yang emang dasarnya kecepetan kalo ngomong....dan ternyata temen saya bilang, ”Saya aja yang udah kenal dia sejak mahasiswa sering ngga nangkep kata-kata dia”....welaaah..pantes deeh, batin saya. Cuman temen saya bilang, si lidah lincah ini yang paling pinter di antara grup mereka...hmmp ya deh saya percaya, keliatan kok dari muka sama koleksi buku-buku berkualitas tinggi yang ada di rak ruang sante dia.

Trus selanjutnya, sepasang suami dan istri yang dateng telat dari jam yang disetujui membuat kami lama menunggu menyantap makan malem (diih jaoh-jaoh gini masih aja jam karet). Mereka bukan orang asli sini, mereka berasal dari ”timur” sama dengan benua saya tapi dah sejak kecil tinggal disini jadinya udah fasih dan terbiasa dengan sistem disini. Istrinya seorang wanita yang sangat-sangat terlalu ramah, menurut saya siih, soalnya dia jarang ngajak ngobrol suaminya tapi malah sibuk ber ha ha hi hi dengan kawan yang laen....saya sendiri aja ngaku kalo saya ini orangnya udah termasuk ceriwis tapi dia ternyata lebih ceriwis pangkat dua dari saya...upps! Kadang saya pikir, sekali lagi ini pendapat pribadi saya, wanita yang satu ini mungkin sudah ngga ada kesan kesan ke”timuran” banget...bayangkan dia dengan santenya rangkul-rangkul kawan laen di depan suaminya, bikin joke yang kadang ngga masuk kualifikasi joke, pake banyak tanya saya dengan kesan, hmmp loe kok bisa siih kesini???pake pertanyaan: ”how”, ”why” dan bla bla bla. Sampe saya akhirnya bosan berbincang-bincang dengan dia, cuman karena saya masih rada ngga enak ati ya saya tetep jawab pertanyaan menghunjam dari dia....hmmmp ngga puas puas siih yaaa????. Trus ada lagi yang bikin saya aga jengah, dia sante banget ”nyusuiiin” bayinya di depan mata para hadirin malem itu...hmmp la kan bisa siih minta ijin ke kamar atau ruangan laen.....hmmp dan si suaminya sama aja..kesan saya dia pria yang pasrah dengan karakter sang istri...dia ngga banyak ngomong malem itu...udah gitu penampilang sangat sangat sederhana dibanding dengan sang istri...pake kacamata juga ala era taon 60an apa ya...astaga lah aga aneh kaya mata kumbang gitu. Saya rasa siih kurang begitu pas dengan jaman sekarang...bayangkan masa jaman sekarang misalnya, mo nampang dengan model ala Ahmad Albar era rocker jaman taon 70 – 80an siiih???

Lho saya ini bukannya mau ngrasani orang laen...bukan...bukan...hanya mengungkapkan apa yang saya amati ya tentu saja dari pandangan saya ini....Semua itu pasti suka suka yang bersangkutan....saya setuju kok, kebebasan individual mengekspresikan diri mereka masing-masing.

Ternyata tinggal di negara orang banyak memberikan pengalaman dan sangat membuka pandangan kita terhadap orang dengan beda bahasa dan beda budaya plus karakter yang sangat berjuta-juta variasinya. Ini yang saya pelajari, mengenal orang dengan latar belakang yang berbeda itu bisa membantu perkembangan pribadi dengan mencoba berpandangan luas dan tidak hanya se-sempit ”sedotan”. Ini termasuk tantangan dengan bisa menghargai orang laen karena kita musti tetap berpikir bahwa kita ini tidak sempurna, saya pun juga tidaklah pribadi yang sempurna, i am not perfect still.

Labels:

--------------------oOo--------------------

7 Comments:

Blogger angin-berbisik said...

salam kenal mbak utami :) sepertinya kita pernah saling kenal...saya juga jebolan unika :) kita seangkatan juga, main2 ke blogku yaaa



-tia-

6:25 AM  
Blogger Benedicta said...

hei Tia,salam kenal balik dariku, terima kasih sudah mampir ke blog saya ini :)
hmmmp blog Tia juga TOP BGT..keren banget, nanti saya sering kunjungi deeh :)

"cheers"

11:12 AM  
Blogger angin-berbisik said...

asyik yah sekarang tinggal di negeri orang, suka merasa homesick ga?

1:55 AM  
Blogger Joni n Agnes: said...

weez..ternyata punya temen 'si kacamata' juga...hahaha sama kayak aku n mas joni, kita juga punya temen 'kacamata'..
Biasaa..biar ga ketauan 'ngrasani' temen, pake kode bahasa indo..hahaha!

6:27 AM  
Blogger Benedicta said...

Tia: daku masih sering kok homesick hiks! apalagi sama makanan indonesia hmmm nyummi nyummi :)

Joni&Agnes: hehehe itu dialah..cara praktis "ngrasani" orang sini :) kan ngga paham bahasa kekekekek!! Soalnya mereka suka baca webblogku juga :P

9:16 AM  
Blogger anggunpribadi said...

nyusu didepan umum?

3:35 PM  
Blogger Benedicta said...

iyah si ibu itu "nyusuin" bayinya di hadapan hadirin sekalian yang ada pada malem itu :P entah mereka pade curi-curi "nglirik" pa ngga? waks! wings! cuman gwnya jadi "jengah" ngga nyaman ajah :P *lol*

4:56 PM  

Post a Comment

<< Home